LK. 1. Proker GLS
PROGRAM KERJA GERAKAN LITERASI SEKOLAH ( GLS )
PROGRAM KERJA GERAKAN LITERASI SEKOLAH ( GLS )
SMP NEGERI 2 PEJAWARAN
KABUPATEN
BANJARNEGARA
NO
|
TAHAPAN
GLS
|
JENIS
KEGIATAN
|
SASARAN
|
STRATEGI
|
HASIL YG
DIHARAPKAN
|
PELAKSANA
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
I
|
Pembiasaan
Penumbuhan minat baca melalui kegiatan 15 menit
membaca (Permendikbud 23/2015)
|
Kegiatan membaca
|
seluruh warga sekolah
|
Terjadwal
|
Budaya membaca mulai
nampak pada seluruh warga sekolah
|
Standar Proses
|
15 menit sebelum
pelajaran
|
Menata sarana dan
lingkungan kaya literasi
|
Tempat baca tertata di
lingkungan sekolah
|
Menempatkan tempat baca
di sudut ruang
|
Tersedianya tempat baca
yang nyaman dan representatif
|
Standar sarpras
|
Di awal masuk sekolah
|
||
Menciptakan lingkungan
kaya teks
|
Siswa
|
Mengadakan lomba pojok
baca
|
Hasil karya siswa
terpasang di sepanjang lingkungan
sekolah
|
S KL
|
1 bulan sekali minggu
terakhir
|
||
Memilih buku bacaan
|
Jumlah buku bacaan
terpenuhi jumlah dan ragamnya
|
·
Pengadaan
·
Kerjasama dg
perpusda
|
Terpenuhi kebutuhan akan
buku bacaan
|
S Pengelolaan
|
Insidentil
|
||
Pelibatan public
|
Orang tua siswa dan
masyarakat sekitar sekolah
|
Mengundang orang tua
sisiswa di akhir smt
|
Kegaiatan GLS bisa
diterima oleh orang tua dan masyarakat disekitar sekolah
|
S Pengelolaan
|
Akhir smt
|
||
II
|
Pengembangan
Meningkatkan kemampuan
literasi melalui kegiatan menanggapi buku pengayaan (ada tagihan non
akademik)
|
Kegiatan membaca ,
|
Siswa
|
Menugaskan siswa
merangkum bacaan
|
Siswa mampu menceritakan
kembali hasil bacaan
|
SKL
|
15 menit sebelum
pelajaran tiap minggu terakhir setiap bulan
|
Menata sarana dan
lingkungan kaya literasi.
|
Tempat baca tertata di
lingkungan sekolah
|
Menempatkan tempat baca
di sudut ruang
|
Tersedianya tempat baca
yang nyaman dan representatif
|
Standar sarpras
|
Di awal masuk sekolah
|
||
Menciptakan lingkungan
kaya teks,
|
Siswa
|
Mengadakan lomba pojok
baca
|
Hasil karya siswa
terpasang di sepanjang lingkungan
sekolah
|
S KL
|
1 bulan sekali minggu
terakhir
|
||
Memilih buku bacaan dan
Pelibatan publik
|
Jumlah buku bacaan
terpenuhi jumlah dan ragamnya
|
·
Pengadaan
·
Kerjasama dg
perpusda
|
Terpenuhi kebutuhan akan
buku bacaan
|
S Pengelolaan
|
Insidentil
|
||
Memberi penghargaan
kepada capai perilaku positip, kepedulian sosial dan semangat belajar /
prestasi akademik maupun non akademik
|
siswa dan masyarakat sekitar sekolah
|
Mengundang orang tua
sisiswa di akhir smt
|
Kegaiatan GLS bisa
diterima oleh orang tua dan masyarakat disekitar sekolah
|
S Pengelolaan
|
Akhir smt
|
||
Menonton film pendek
|
|||||||
Menggambar, membuat peta
konsep, berdiskusi, dan berbincang dengan buku
|
|||||||
Peserta didik merespon
teks, fiksi dan non fiksi
|
|||||||
III
|
Pembelajaran
Meningkatkan kemampuan literasi di
semua mata pelajaran: menggunakan
buku pengayaan dan strategi
membaca di semua mata pelajaran
(ada tagihan akademik)
|
Membaca buku pengetahuan
umum, kegemaran, minat khusus atau teks multimedia di kaitkan dengan mapel
|
|||||
Melaksanakan berbagai
strategi untuk memahami teks semua mapel
|
|||||||
Memanjang karya peserta
didik di seluruh area sekolah ( sudut baca ), koridor , kantor guru dan ks
|
|||||||
Festifal buku, lomba
poster, mendongeng, membua cerpen, puisi, sinopsis dan majalah dinding
mauapun majalah sekolah
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar